Cara Atasi Pesan Aneh yang bikin WhatsApp jadi eror

Para pengguna WhatsApp Android dan iPhone sedang dibuat khawatir dengan adanya bom teks yang membuat WhatsApp tak bisa dibuka alias crash. Tetapi ada cara untuk menghentikannya.

Cara Atasi Pesan Aneh yang bikin WhatsApp jadi eror

Penemuan bom teks ini diinformasikan oleh laman WABetaInfo, yang sering membocorkan update-update terbaru WhatsApp. Bom teks adalah pesan aneh yang berisi karakter aneh pembawa "crach code".

Pesan aneh tersebut sebenarnya sudah masuk, tetapi WhatsApp mungkin menafsirkan pesan tersebut secara salah. Terkadang WhatsApp juga tak me-render pesan secara total karena strukturnya yang aneh sehingga WhatsApp menjadi tak bisa dibuka.

Pakar privasi digital ProPrivacy Ray Walsh memaparkan ada dua cara yang bisa digunakan pengguna WhatsApp agar terhindari dari bom teks ini.

  1. Membatasi siapa yang dapat menambahkan kamu ke dalam sebuah grup chatting.
    Ini bisa mengurangi risiko kamu terekspos orang asing yang mungkin berbagi pesan. Caranya, buka pengaturan (setting) WhatsApp, buka bagian 'Privasi' dan ubah pengaturan 'Grup' sehingga hanya kontak kamu yang dapat menambahkan ke grup.
  2. Bagi yang mendapatkan pesan bom teks ini bisa bisa menghapusnya melalui WhatsApp Web. Namun ini jika WhatsApp Web sudah terhubung dengan WhatsApp ponsel secara otomatis. "Hapus pesan bom teks dan blokir orang yang mengirimnya," ujar Ray Walsh, seperti dikutip dari TechRadar.

Cara Menangkal Virtex WA

Menangkal disini bisa digunakan untuk pengirim ataupun penerima. Karena keduanya akan ikut error saat memuat virtex.

Nah, cara yang paling ampuh untuk menghindari virtex adalah dengan menginstal whatsapp kebal atau biasa disebut dengan wa inmune.

wa kebal adalah aplikasi whatsapp yang sudah dimodifikasi, sehingga pada saat mengirim dan menerima virtex tidak akan terjadi error.

Sebenarnya semua aplikasi whatsapp tidak akan ngelag saat menerima virtex. Ingat ya, saat menerima buka membaca atau melihat isi pesan.

Jadi cara lain yang bisa digunakan untuk menangkal virtex adalah dengan tidak membuka chat yang berisi virtex.

Bagaimana cara mengetahui kalau sebuah chat mengandung virtex atau tidak?

Untuk hal ini saya sendiri tidak tau. Mungkin bisa dilihat dari preview chat nya. Jika mengandung karakter yang mencurigakan, langsung saja hapus.

Apa yang harus dilakukan jika sudah membuka chat virtex?

Jalan satu-satunya adalah dengan melakukan force close aplikasi whatsapp. Jadi pada saat wa sudah ngelag langsung saja tekan home dan hapus apk wa yang berjalan.

Selanjutnya tinggal masuk ke whatsapp lagi dan hapus chat yang mengandung virtex.

Kabar baiknya WhatsApp sudah mengetahui mengenai pesan berbahaya ini dan segera bertindak untuk memastikan pengguna tetap nyaman menggunakan aplikasi chatting ini.

1 Response to "Cara Atasi Pesan Aneh yang bikin WhatsApp jadi eror"

  1. Tapi waktu aku install lagi wa dan masukin nomor hp gak bisa masuk😔

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel