Mengenal Android 11 Go Serta Fitur Terbarunya

Mengenal Android 11 Go Serta Fitur Terbarunya

OS Android 11 telah dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti Bubbles, Conversation Notifications, Voice Access, Media Control, Device Control, One Time Permission, Background Location, Permission Auto-reset, Scoped Storage, dan sejumlah pemolesan di sisi desain.

Android 11 telah resmi meluncur beberapa hari lalu. Tak lama kemudian, Google memperkenalkan Android 11 Go Edition yang merupakan sistem operasi Android 11 versi ringan.

Sesuai dengan namanya, Android 11 Go Edition diperuntukkan bagi ponsel Android dengan spesifikasi pas-pasan (entry-level) yang biasanya dijual dengan harga murah.

Untuk versi terbaru ini, Google fokus mendongkrak performa kecepatan pengoperasian aplikasi di perangkat. Google mengklaim bahwa Android 11 Go terbarunya ini lebih cepat 20 persen dibandingkan versi sebelumnya, Android 10 Go.

Android 11 Go kini mendukung kapasitas RAM hingga 2 GB, naik dari 1,5 GB di versi Android 10. Memberikan pengguna ekstra memori 270 MB sehingga pengguna bisa menjalankan dua atau tiga aplikasi lebih banyak di background.

Android Go 11 yang berjalan di memori RAM 2 GB juga memiliki penyimpanan tambahan hingga 900 MB.

Ada pula fitur Conversation Notifications yang memunculkan percakapan di area notifikasi. Nantinya tampilan pesan masuk di bagian notifikasi akan disesuaikan dengan aplikasinya, seperti e-mail, Instagram, dan juga pembaruan aplikasi.

Fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna saat berkomunikasi maupun membalas notifikasi yang masuk.

Google juga membekali Android 11 Go dengan fitur keamanan bernama One Time Permissions.
Dengan fitur ini, pengguna memiliki opsi agar aplikasi hanya dapat mengakses fitur tertentu seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi sebanyak satu kali (one time). One Time Permissions pada Android 11 Go juga dianggap dapat membuat ponsel pengguna jauh lebih aman.

Android 11 Go juga memiliki tampilan antarmuka (UI) yang memungkinkan pengguna dapat menavigasi di layar yang lebih luas, untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dan berpindah ke aplikasi atau halaman lainnya dengan lebih mudah.

Kendati demikian, Google belum menjelaskan secara detail mengenai ponsel apa saja yang akan kebagian pembaruan Android 11 Go ini. Kabarnya, Android 11 Go mulai digelontorkan pada Oktober 2020.

Inilah Fitur Baru yang Hadir di Android 11

Google telah meluncurkan sistem operasi Android 11 versi akhir atau final. Sistem operasi terbaru ini digelontorkan untuk pengguna Google Pixel dan sejumlah ponsel dari merek lain.

Berikut fitur terbaru serta kemampuan Android 11 Go selengkapnya

Melihat riwayat notifikasi

Notification History Android 11
Dengan fitur ini, Anda dapat melihat dan membuka kembali riwayat pemberitahuan yang masuk di kolom notifikasi yang sebelumnya sudah Anda tutup atau abaikan.

Caranya mudah, Anda cukup mengaktifkan fitur ini di menu Pengaturan ponsel, lalu sewaktu-waktu Anda juga dapat menonaktifkannya secara otomatis.

Notifikasi yang dikumpulkan

Keep track of conversations Android 11
Android 11 kini dapat mengumpulkan semua notifikasi yang masuk menjadi satu berdasarkan aplikasi.

Nantinya, tampilan pesan masuk di bagian notifikasi akan disesuaikan dengan aplikasinya, seperti e-mail, WhatsApp, atau Instagram.

Fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna saat berkomunikasi maupun membalas notifikasi yang masuk.

Screen recorder

Screen recording Android 11
Fitur perekaman layar ini sebenarnya sudah lebih dulu hadir di Android 10. Namun, fitur tersebut kembali hadir pada Android 11 dengan tampilan yang lebih menarik.

Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengusap layar ke bawah dengan dua jari untuk membuka opsi "Quick Settings".

Kemudian, klik ikon pensil di bagian kiri bawah untuk membuka menu perekaman yang tersedia. Lalu, seret tombol "Screen record" ke bagian atas untuk memulai perekaman layar.

Rekomendasi Aplikasi

Turn on suggested apps Android 11
Sekilas, fitur ini mirip seperti laci aplikasi yang juga berfungsi untuk mengelompokkan aplikasi secara otomatis.

Hanya saja, pada OS Android 11, fitur ini ditempatkan pada halaman utama atau layar beranda.

Pengontrol smart home di tombol daya

Pada sistem operasi Android 11, fitur ini berfungsi untuk mempermudah akses pengguna ke fitur-fitur tertentu yang berkaitan dengan kendali rumah pintar melalui tombol daya.

Mode Do Not Disturb Android 11

Anda dapat mengontrol percakapan tertentu dengan menonaktifkan notifikasi yang dianggap kurang prioritas.

Caranya mudah, Anda cukup mengaktifkan mode "Do Not Disturb" di menu pengaturan ponsel lalu memilih aplikasi perpesanan apa saja yang akan dibungkam.

App Permission

App permission Android 11
Sesuai dengan namanya, fitur ini akan menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara pada aplikasi yang ingin mengakses fitur tertentu pada ponsel, seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi.

App Permission pada Android 11 juga dianggap dapat membuat ponsel pengguna jauh lebih aman.

Media Control

Media Control Android 11
Fitur ini mempermudah pengguna untuk beralih ke output media eksternal seperti speaker bluetooth atau Google Home Speaker yang akan ditampilkan melalui ikon di menu pemberitahuan perangkat.

Fitur ini mirip seperti yang ada di perangkat Apple, yaitu AirPlay pada Control Center iOS.

Emoji baru

New Emoji Android 11

Mengubah ukuran picture-in-picture

Fitur ini memudahkan pengguna untuk dapat berpindah ke halaman lain, tanpa menyetop atau keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan.

Pada Android 11 ini, Google juga memungkinkan penggunanya dapat memperbesar dan memperkecil ukuran video atau memposisikannya di manapun.

Screenshot panjang

Tangkapan layar atau screenshot menjadi fitur yang cukup penting saat ini. Di Android 11, Google menambahkan tool untuk menangkap gambar berformat panjang.
Itu artinya, gambar yang tertangkap tidak hanya yang berada di area layar saja, tapi keseluruhan gambar yang digulir dari atas ke bawah.

Notifikasi prioritas

Android 11 membagi notifikasi perpesanan menjadi dua kategori. Pertama, notifikasi utama dan notifikasi yang diprioritaskan. Untuk notifikasi prioritas, nantinya pemberitahuan akan dimunculkan di bagian paling atas panel notifikasi.

Pin item di menu share

Pin item di menu share Android 11
androidcentral.com
Pin item di menu share Android 11
Fitur ini bisa menyematkan aplikasi atau item tertentu di menu share (bagikan). Hal ini mempermudah pengguna apabila sering mengirimkan apapun kepada beberapa penerima tertentu.

Akses ke mini game

Google menambahkan format game ukuran kecil (mini game) yang dapat dipakai untuk menunjukkan alur permainan.
Untuk membuka game ukuran kecil ini, pengguna cukup menekan lama tombol daya lalu klik ikon tiga titik untuk langsung menjajal permainan tersebut.

0 Response to "Mengenal Android 11 Go Serta Fitur Terbarunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel