Cara Atasi Limit Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan file yang dikembangkan Google. Diluncurkan pada 2012, Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dan menyinkronkan file ke seluruh perangkat.

Cara Atasi Limit Google Drive

Pahami apa itu limit Google Drive ?

Anggaplah Anda perlu berbagi file secara online dengan beberapa orang dan file tersebut berukuran cukup besar dan kemungkinan besar dalam GB. Atau Anda membagikan file di situs web atau akun media sosial Anda. Untuk beberapa alasan yang membuat orang-orang mengunduh file Anda dari penyimpanan Google Drive Anda tetapi masalahnya adalah Google Drive tidak menawarkan transfer data tanpa batas. Setiap kali mendeteksi jumlah yang tidak biasa dari konsumsi bandwidth di akun Google Drive Anda, maka Google secara otomatis menempatkan penghenti pada batas unduhan.

Akibatnya, pengguna mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan “Terlalu banyak pengguna yang melihat atau mengunduh file ini baru-baru ini.” dan kemudian minta mereka untuk mencobanya setelah 24 jam. Meskipun pintu dibuka setelah 24 jam, cukup berisiko bagi Anda untuk mengunduh file dari akun masing-masing. Karena sudah tertangkap oleh Google, Anda, sebagai pemilik, juga harus menghapus file dari akun Anda. Jika tidak, hal itu juga dapat membawa Anda ke larangan permanen yang akan menutup akses Anda seluruhnya.

Untuk informasi Anda, batas unduhan untuk berbagi file Google Drive ini berlaku untuk setiap pengguna terlepas dari pelanggan reguler Google G Suite atau Google Apps. Intinya adalah bahwa Google tidak suka pilih kasih pada pengguna mana pun. Meskipun tidak ada pernyataan publik tentang kuota berbagi Google Drive ini, perkiraan terbaiknya adalah hal itu terjadi untuk mencegah pembajakan.

Berapa limit Google Drive?

Setiap pengguna hanya dapat mengupload file berukuran maksimum 750 GB setiap hari antara Drive Saya dan semua drive bersama. Pengguna yang mencapai batas 750 GB atau mengupload file yang lebih besar dari 750 GB tidak dapat mengupload file tambahan pada hari itu. Proses upload yang sedang berlangsung akan diselesaikan.

Apakah orang lain bisa melihat Google Drive kita ?
Apakah orang lain bisa melihat file kita di Google Drive ?
Secara default tidak bisa, tapi anda bisa gunakan setting tertentu agar orang lain bisa melihat, edit, ataupun download file dari dalam google drive kita. Anda bisa setting per file, ataupun per folder sekaligus.

Google Drive dapat digunakan secara gratis. Namun, ada limit yang diberikan untuk download. Bila Anda mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir. 

Berikut salah satu cara untuk mengatasi limit mengunduh di Google Drive yakni dengan memodifikasi URL. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara atasi limit Google Drive :

1. Sign in ke akun Google Drive usai membuka file link

2. Replace ‘uc’ dengan ‘open’ di URL
Hapus bagian '&export=download' yang terletak di bagian belakang, lalu tulisan 'uc' pada bagian depan ganti dengan 'open. Jika sudah, langkah berikutnya adalah menekan tombol 'enter'.

3. Reload halaman dan bypass dowload limit

4. Klik ikon Add to My Drive 

5. Pilih opsi yang sama sekali lagi untuk konfirmasi

6. Buka akun Google Drive dan klik kanan di added file

7. Select opsi Make a copy dari menu konteks

8. Pilih opsi Download untuk mengunduh file ke PC Anda

Cara ini akan membuat salinan file di penyimpanan Google Drive Anda. Kemudian, Anda bisa mengunduh file dari akun ke PC.

Selanjutnya, pahami langkah-langkahnya secara mendetail sehingga Anda dapat memahaminya.

Pertama-tama, Anda perlu masuk ke akun Google Drive di browser Anda dan membuka tautan file yang ingin Anda unduh. URL file default akan terlihat seperti drive.google.com

Anda perlu mengganti “uc” dengan “open” di URL file. Ini akan memberi Anda lebih banyak pilihan. Namun, URL tergantung pada file yang akan Anda unduh. Jika Anda mendapatkan teks “terbuka” di URL, tidak perlu melakukan perubahan apa pun.

Lalu Anda akan memuat ulang halaman di browser Anda, ini akan menampilkan pratinjau file dengan beberapa opsi di atas. Dari sana, klik ikon “Tambahkan ke Drive Saya (Add to My Drive)”, yang terlihat seperti logo Google Drive.

Sekarang, Anda harus menemukan file tersebut di direktori root penyimpanan Google Drive Anda. Meskipun ditautkan ke akun Google Drive Anda, ini masih belum disimpan di penyimpanan Anda. Untuk itu, klik kanan pada file tersebut, dan pilih opsi “Buat salinan (Make a copy)” di menu konteks.

Ada opsi lain yang disebut “Unduh (Dowload),” yang memungkinkan Anda mengunduh file ke penyimpanan lokal atau komputer Anda.

Setelah melakukan langkah terakhir, Anda akan dapat mengakses file secara terpisah. Sebagai informasi, langkah-langkah ini juga memungkinkan Anda untuk mendownload file besar dari Google Drive ketika batas download Google Drive terlampaui.

1 Response to "Cara Atasi Limit Google Drive"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel