Si-Monic Gelang Pemantau Covid-19

Si-Monic adalah sistem pengawasan individu bagi orang yang terkonfirmasi, suspek, atau kontak erat COVID-19. Alat ini berbasis wearable device pertama di Indonesia," kata Kepala P2ET LIPI Budi Prawara.

Si-Monic Gelang Pemantau Covid-19

Teknologi yang dibenamkan pada wearable device Si-Monic berupa Chip Bluetooth Low Energy (BLE). Chip ini memiliki ID khusus dan terkoneksi dengan internet melalui ponsel yang sudah terinstal aplikasi Si-Monic.

Si-Monic adalah singkatan dari Smart Innovated Monitoring for COVID-19. Alat ini adalah buatan peneliti Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (P2ET) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dengan hadirnya Si-Monic, mereka yang dinyatakan positif atau suspek COVID-19 bisa dipantau pergerakannya dari jarak jauh. Alat ini juga bisa dipakai oleh mereka yang dikategorikan kontak erat COVID-19.

Dengan gelang ini, pemakainya akan bisa dipantau pihak terkait melalui server terpusat. Sehingga, informasi pergerakan dan status pengguna Si-Monic akan diketahui operator atau pengawas. Jadi, seandainya penggunanya 'kabur' dari tempat isolasi pun bakal ketahuan deh.

Pengawas juga akan mengetahui jika pengguna berusaha melepas paksa atau menonaktifkan Si-Monic dengan cara apapun. Sehingga, pengawas bisa segera mengetahui dan mengambil tindakan pada yang bersangkutan.

Budi mengatakan Si-Monic telah lolos uji secara laboratorium dan secara fungsional. LIPI pun bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Jawa Barat untuk mempercepat upaya difusi produk-produk riset LIPI.

1 Response to "Si-Monic Gelang Pemantau Covid-19"

  1. Wuih... canggih 👍
    Semangat terus tuk karya selanjutnya

    Maju terus indonesia 🌏

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel